Sabtu, 10 Agustus 2013

BERBAGI ILMU: Fakta SPBU

BERBAGI ILMU: Fakta SPBU  

(sharing) LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA
KODE 31 atau (Angka Kedua 1) Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..
dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang
bagus: Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke
SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf
31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf
awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka
kedua mengandung arti kepemilikan. Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa
Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya
Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina
sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta
atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode
wilayah . Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama
COCO alias corporate owner corporate operate, CODO
yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO,
dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs
spbu.pertamina.com Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU
model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding
DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis
bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal,
pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin
ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup
bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah
pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode
31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang
34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”. Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka
Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding
denanda yang kode 34. cara buktiinya: coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic,
pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi
bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua
1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak
terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda
kode lainnya Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi
bensin di pom bensin tersebut di pom bensin kode
31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang
kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan
sendiri. Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka
Kedua 1)dan pom bensin 34 bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang
mana yang lebih cepat habis).. coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi
dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar
mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena
mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda…tapi gak
semua 34 juga yang kaya begitu

2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA
TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI
DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle
ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah
nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan
tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita
isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka
Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas
handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh…kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin,
petugasnya ditegur aja..

3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA
TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan
di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin
padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai
panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau
petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke
dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding
jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis perminyakan,
gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan
bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat
merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business
ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/
kompensasi karena temperatur

4.ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH
SETENGAH PENUH. Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada
di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada
di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat
dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis
perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin
mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero
antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.

5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar
dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan
kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki
penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke
tanki kendaraan anda.
" COPAS TETANGGA SEBELAH " (sharing) LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1) Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing.. dimana anda bisa mengetahuinya ? Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus: Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan. Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya. Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah . Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus.. saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”. Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34. cara buktiinya: coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri. Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34 bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).. coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31 Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda…tapi gak semua 34 juga yang kaya begitu 2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.. Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh…kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin, petugasnya ditegur aja.. 3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/ kompensasi karena temperatur 4.ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH. Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU. 5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar